Thursday, December 6, 2012

Dasar Rangkaian Listrik

PENGERTIAN RANGKAIAN LISTRIK
-   Rangkaian adalah interkoneksi dari sekumpulan elemen atau komponen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubungnya dimana disusun dengan cara-cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup.

-   Rangkaian listrik adalah suatu kumpulan elemen atau komponen listrik yang saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu dan paling sedikit mempunyai satu lintasan tertutup.

-    Satu lintasan tertutup adalah satu lintasan saat kita mulai dari titik yang dimaksud akan kembali lagi ketitik tersebut tanpa terputus dan tidak memandang seberapa jauh atau dekat lintasan yang kita tempuh.

ARUS LISTRIK ( Ampere )
-Arus merupakan perubahan kecepatan muatan terhadap waktu atau muatan yang mengalir dalam satuan waktu atau muatan yang bergerak.
    Ketika terjadi beda potensial disuatu elemen atau komponen maka akan muncul arus dimana arah arus positif mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah dan arah arus negatif mengalir sebaliknya


MACAM-MACAM ARUS LISTRIK
 
    Arus searah (Direct Current/DC) adalah arus yang mempunyai nilai tetap atau konstan terhadap satuan waktu, artinya diaman pun kita meninjau arus tersebut pada wakttu berbeda akan mendapatkan nilai yang sama.
       Arus bolak-balik (Alternating Current/AC) adalah arus yang mempunyai nilai yang berubah terhadap satuan waktu dengan karakteristik akan selalu berulang untuk perioda waktu tertentu (mempunyai perida waktu : T).




TEGANGAN / BEDA POTENSIAL
-     Kerja yang dilakukan untuk menggerakkan satu muatan (sebesar satu coulomb) pada elemen atau komponen dari satu terminal/kutub ke terminal/kutub Lainnya.

KETERANGAN :

v  = tegangan

w = energi

q  = muatan


    Pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa tegangan adalah energi per satuan muatan

TEGANGAN / BEDA POTENSIAL (Volt)
 
1.Tegangan turun/ voltage drop :  jika dari potensial lebih tinggi ke potensial lebih rendah, yaitu dari  terminal A ke terminal B.

2.Tegangan naik/ voltage rise : jika dari potensial lebih rendah ke potensial lebih tinggi yaitu dari terminal B ke terminal A


. 

    jika beda potensial antara kedua titik tersebut adalah sebesar 5 Volt, maka VAB = 5 Volt dan VBA = -5 Volt

ENERGI ( Joule )
 
       Energi adalah sesuatu kerja dimana kita memindahkan sesuatu dengan mengeluarkan gaya sebesar satu Newton dengan jarak tempuh atau sesuatu tersebut berpindah dengan selisih jarak satu meter.
1. Menyerap energi jika arus positif meninggalkan terminal positif menuju terminal elemen/komponen, atau arus positif menuju terminal positif elemen/komponen tersebut.
          2. Mengirim energi jika arus positif masuk terminal positif dari terminal   elemen/komponen, atau arus positif meninggalkan terminal positif elemen/komponen


DAYA ( Watt )
         Daya adalah hasil kali antara tegangan dan arus 





REFERENSI :
1. Dorf C. Richard, James A. Svoboda, 1996, Introduction to Electric Circuits, 3rd
Edition, John Wiley & Son, Singapore
2. Harmonyati B.K, 1981, Rangkaian Listrik I, Institut Teknologi Bandung, Bandung
3. Hyat, William, 1972, Engineering Circuit Analysis, Mc Graw Hill., Singapore.
4. Johnson, David. E, 1997, Electric Circuit Analysis, Prentice Hall, London.
5. Smith, Ralph .J., 1984, Circuits, Devices and Systems, John Willey & Son

0 comments: